Press "Enter" to skip to content

Cara Membuat Ukuran Foto 4×6 di Photoshop dan Software Lainnya

Ukuran Foto 4×6 – Berapa ukuran foto 4×6 dalam satuan mm, cm, inchi, dan pixel? Bagaimana cara membuat ukuran foto 4×6 di Photoshop? Apakah mengubah ukuran foto jadi 4×6 bisa menggunakan paint? Atau … bisakan mengedit ukuran foto jadi 4×6 secara online? Temukan semua jawabannya di sini. Silakan gunakan daftar isi di bawah untuk langsung ke topik yang kalian tuju. Tks.


Ada banyak orang di sekeliling kita yang bertanya-tanya bagaimana cara mengatur dan membuat ukuran foto 4×6 yang mudah? Maka dari itu kami membuat artikel yang mengulas tentang cara membuat dan mengatur foto ukuran 4×6 ini.

Dalam perihal ukuran foto, sudah pasti menyangkut dimensi panjang kali lebar suatu gambar. Adapun konversi satuan ukuran foto terdiri dari satuan cm (centimeter), mm (milimeter) dan inchi (inci). Biasanya ukuran foto ditentukan sesuai standar Internasional, namun tidak jarang juga ukuran foto disesuaikan dengan permintaan dan kebutuhan.

Ukuran-ukuran foto ada bermacam-macam, karena setiap ukuran foto mempunyai fungsi yang berbeda. Seperti ukuran foto yang kecil biasanya digunakan untuk keperluan yang formal seperti foto rapor, ijazah, surat lamaran pekerjaan, buku nikah dan lain sebagainya.

Sedangkan ukuran foto yang besar, biasanya digunakan banyak orang untuk digunakan sebagai pajangan, interior rumah, dekorasi atau hiasan dinding.

Pada zaman dahulu, orang-orang harus pergi ke studio foto untuk mencetak foto sesuai dengan ukuran yang mereka inginkan. Sekarang dengan berkembangnya teknologi, kita bisa melakukan edit dan cetak foto sendiri di rumah dengan menggunakan printer.

Ditambah lagi, kalian sekarang tidak perlu melakukan foto ulang untuk mengganti background foto dari warna biru ke merah atau sebaliknya. Cukup ikuti langkah-langkah di artikel ‘cara mengganti background foto‘ saja, kalian sudah bisa melakukannya.

Di sini kami hanya akan menjelaskan tentang foto berukuran 4×6 dan cara membuatnya. Silakan simak uraian kami di bawah.

Berapa Ukuran Foto 4×6?

Untuk memudahkan kalian, kami buatkan tabel konversi yang menyatakan ukuran foto 4×6 dalam mm, cm, inchi, dan pixel. Ini dia …

Ukuran FotoSatuan mmSatuan cmSatuan inchiSatuan pixel
4×638,1 x 55,93,81 x 5,591,5 x 2,2472 x 709
tabel ukuran foto 4×6 dalam berbagai satuan

Kami kira tabel di atas sudah cukup menjelaskan berapa ukuran foto 4×6 di berbagai satuan. Jika ada pertanyaan, kenapa ukurannya tidak dibuat pas saja? Kami tidak tahu jawabannya. Yang jelas ukuran tersebut sudah disepakati oleh dunia internasional. Kalau kami mengubah ukurannya meskipun 0,1 mm, maka sudah tidak sesuai standar lagi. He he.

Cara Membuat Ukuran Foto 4×6

Jika kalian pernah melakukan pemotretan dan punya soft file fotonya, kalian bisa dengan bebas mengubah dimensi foto/gambar tersebut menjadi 4×6. Di sini kami akan tuliskan tutorial singkatnya menggunakan software editing foto seperti Adobe Photoshop, Photoscape, Paint; dan menggunakan Microsoft Word jika kalian tidak mempunyai software-software tersbut.

Membuat Ukuran Foto 4×6 dengan Photoshop

membuat ukuran foto 4x6 di photoshop crop tool

Untuk membuat contoh, kami di sini menggunakan Photoshop CS6. Tapi jika kalian punya versi yang lebih jadul atau versi yang lebih baru, cara di bawah tetap bisa dilakukan. Ikuti saja tutorial berikut ini.

  1. Buka software Adobe Photoshop CS6 di PC atau laptop kalian.
  2. Buka file foto yang ingin kalian buat menjadi 4×6. Caranya klik menu File > Open, lalu pilih fotonya.
  3. Ada dua cara untuk mengedit foto tersebut menjadi 4×6:
    • Cara pertama: klik menu Image > Image Size. Di bagian document size, silakan input 4 untuk width dan 6 untuk height. Kemudian isikan 300 atau 600 di bagian resolution agar foto tidak pecah. Selesai. Jika hasilnya objek dalam foto tersebut jadi melebar atau meninggi, pakai cara kedua di bawah;
    • Cara kedua: klik Crop tool (C). Di bagian atas akan ada dua kolom isian. Isikan dengan angka 4 dan 6. Kemudian atur agar potongan foto tepat di tengah agar hasilnya bagus dan simetris. Klik kanan > crop. Untuk memastikan apakah ukurannya sudah sesuai atau belum, cek dengan cara pertama di atas.
  1. Silakan simpan hasilnya dengan save as agar file original tidak keubah. Selesai.

Catatan: jika ukuran file fotonya terlalu besar, kalian bisa baca artikel cara kompres foto untuk mengecilkan ukuran filenya.

Mengedit Foto jadi Ukuran 4×6 dengan Photoscape

membuat ukuran foto 4x6 di photoscape
membuat ukuran foto 4×6 di photoscape

Photoscape merupakan software editing foto yang hits pada zamannya. Selain gratis, fitur editing yang ditawarkan software ini bisa dikatakan lengkap. Di tutorial kali ini kami memakai Photoscape X yang bisa diinstall gratis di Microsoft Store. Jika kalian punya versi yang lebih jadul, cara di bawah tetap bisa dilakukan. Begini …

  1. Buka software Photoscape X.
  2. Di halaman utama, masuk ke menu Editor. Kemudian pilih foto yang ingin kalian jadikan 4×6.
  3. Klik menu Crop dan tentukan rasionya 2×3 (4×6).
  4. Drag kursor ke foto untuk memotong objek. Pastikan ukurannya simetris.
  5. Klik tombol crop untuk memotong foto tersebut.
  6. Simpan hasilnya dengan klik tombol Save > Save as. Selesai.

Akhir Kata

Demikian. Itulah beberapa informasi mengenai ukuran foto 4×6, baik dalam satuan mm, cm, inchi, dan piksel, beserta cara mengeditnya dengan Photoshop, Photoscape, dan software lainnya di Windows dan beberapa cara menggunakan software di Linux. Artikel di atas belum lengkap. Kami akan update terus seiring waktu. Untuk sekarang dicukupkan saja.

Be First to Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *