Press "Enter" to skip to content

Tips Membeli Tang Crimping RJ45 Murah Terbaik [REKOMENDASI]

Tang Crimping RJ45 – Apa merk tang crimping yang murah tapi bagus untuk RJ45? Apa saja tips dalam memilik tang crimping? Temukan semua jawabannya di sini. Silakan gunakan daftar isi untuk langsung ke topik yang kalian tuju. Tks.


Tang crimping adalah sebuah tool untuk menghubungkan konektor RJ45 atau RJ11 ke dalam kabel UTP. Tanpa tang crimping, konektor RJ45 tidak akan mengunci sempurna dan kabel jaringan tidak akan bisa digunakan. Nah, sebagai seorang praktisi jaringan kalian tentu harus punya tool ini.

Di marketplace seperti Shopee atau Tokopedia, banyak sekali yang berjualan tang crimping. Harganya pun bervariasi sampai kita bingung, kira-kira apakah yang harganya mahal kualitasnya akan berbanding lurus? Ataukah harganya mahal karena diproduksi oleh brand terkenal?

Untuk itu kami tuliskan artikel ini sebagai tips agar tidak salah memilik produk tang crimping. Tapi sebelumnya, bagi yang belum tahu saja, kami akan sertakan juga informasi mengenai apa sih itu tang crimping, fungsinya, dan jenis-jenisnya.

Tips Memilih Tang Crimping

Membeli tang crimping dengan prosentase keberhasilan tinggi tidaklah harus mahal. Kabel jaringan yang bagus, baik dalam mentransmisikan data maupun dalam ketahanan fisiknya, dipengaruhi oleh banyak faktor.

Murah atau mahalnya tang crimping adalah salah satu faktornya. Namun, jangan terjebak dengan harga. Bisa saja harga yang lebih murah punya kualitas sama dengan harga yang mahal. Permainan harga sering dipengaruhi oleh terkenal atau tidaknya sebuah brand. Untuk itu, silakan simak video ini agar lebih jelas.

tips membeli tang crimping

Jenis-jenis Tang Crimping

Bagi yang baru terjun di dunia jaringan, mungkin baru mengenal satu jenis saja tang crimping. Tapi tahukah kalian kalau ada tang crimping yang punya 3 fungsi sekaligus?

1. Tang Crimping 3 in 1

Tang crimping yang satu ini memiliki 3 fungsi di dalam satu alat yaitu memotong kabel, mengupas isolator, dan mengunci konektor RJ45.

Tang crimping 3 in 1 ini biasanya dikeluarkan oleh produsen yang biasa-biasa saja. Alih-alih mengedepankan fungsi, tang jenis ini lebih sering menjebak konsumen dengan iming-iming ‘3 in 1’, padahal dalam praktiknya memotong kabel itu lebih enak pakai gunting. Fungsi ‘memotong’ di alat tersebut hanya pajangan saja karena hasilnya tidak terlalu bagus.

2. Tang Crimping 2 in 1

Tang crimping yang satu ini memiliki 2 fungsi dalam satu alat. Entah itu mengunci dan mengupas atau mengunci dan memotong kabel. Ada juga tang crimping 2 in 1 dengan fungsi mengunci konektor dan LAN tester

Ciri-ciri Tang Crimping yang Bagus

Berikut ini adalah ciri-ciri tang crimping yang bagus:

  • Tidak memiliki banyak fungsi dalam satu alat. Jadi performanya terpusat pada tujuan utama dari alat itu, yakni mengunci konektor RJ45;
  • Lubang penjepit tang crimping tidak goyang;
  • Harga tang crimping tidak terlalu murah; dan
  • Diproduksi oleh brand yang sudah terkenal.

Akhir Kata

Demikian. Itulah secuil tips bagi kalian yang ingin membeli tang crimping. Tips di atas kami tuliskan sebagai bahan referensi saja, bukan sebagai arahan untuk kalian harus membeli yang mana. Pilihan tetap kembali pada diri masing-masing dan budget yang dimiliki. He he.

Be First to Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *