Press "Enter" to skip to content

Kabel UTP: Mengenal Lebih Dekat Unshielded Twisted Pair

Kabel UTP – Apa itu kabel UTP? Bagaimana karakteristik kabel UTP? Kabel UTP banyak digunakan untuk apa saja? Apa saja konektor untuk kabel ini? Temukan semua jawabannya di artikel ini. Silakan gunakan daftar isi di bawah untuk langsung ke topik yang kalian tuju. Tks.


Meskipun saat ini jaringan wireless lebih banyak digunakan oleh netizen karena adanya paket internet murah di HP, ternyata masih banyak yang setia memakai kabel sebagai media penghubung perangkat komputer miliknya dengan internet.

Terutama para gamers PC yang senantiasa melakukan live streaming, baik itu di Facebook maupun di Youtube. Tentu mereka akan lebih memilih koneksi menggunakan kabel karena lebih aman dan terlindung dari gangguan jaringan.

Selain itu, berlangganan internet kabel ke ISP di Indonesia cenderung lebih murah jika dilihat dari bandwidth dan kecepatan yang didapat. Apalagi sekarang ISP di Indonesia, contohnya Indihome, sudah menggunakan kabel fiber optik sebagai media transmisi data dari pelanggan ke internet, yang itu artinya kecepatannya akan lebih wushwush lagi.

Itu adalah jaringan skala besarnya.

Sementara untuk jaringan skala kecil (rumahan atau kantor), kabel UTP selalu menjadi pilihan untuk menghubungkan perangkat-perangkat jaringan. Entah itu komputer ke modem langsung atau dari modem ke switch. Nah, pertanyaannya … apa itu kabel UTP?

Pengertian Kabel UTP

UTP merupakan singkatan dari Unshielded Twisted Pair. Unshielded artinya, kabel ini tidak memiliki pelindung alumunium seperti jenis kabel twisted pair lainnya; STP. Sementara kata Twisted merujuk pada arsitektur kabel ini yang tersusun dari 8 kabel kecil berwarna, yang dipilin-diputar sehingga membentuk kepadatan ketika dibungkus dengan isolator.

Ya. Betul. Dalam satu kabel UTP terdapat kabel-kabel kecil yang terdiri dari 8 warna, antara lain: Putih oren, Oren, Putih hijau, Hijau, Putih biru, Biru, Putih Coklat, Coklat.

Warna tidak hanya sekadar warna. Warna-warna tersebut ternyata mewakili fungsi atau tugas tertentu dari kabel tersebut. Berikut adalah uraian dari setiap warna dan tugasnya:

  1. Kabel warna putih oren betugas sebagai jalur paket data;
  2. Kabel warna oren bertugas sebagai jalur paket data;
  3. Kabel warna putih hijau betugas sebagai jalur paket data;
  4. Kabel warna hijau betugas sebagai jalur paket data;
  5. Kabel warna putih biru bertugas sebagai jalur paket suara;
  6. Kabel warna biru bertugas sebagai jalur suara;
  7. Kabel warna putih coklat bertugas sebagai konduktor tegangan DC;
  8. Kabel warna coklat bertugas sebagai konduktor tegangan DC.

Karakteristik Kabel UTP

Berikut ini adalah beberapa karakteristik kabel Unshielded Twisted Pair yang perlu kalian tahu:

  • Delapan kabel kecil dipilin lalu dibungkus dengan isolator pelindung luar.
  • Dalam perjalanannya kabel ini sudah punya 9 kategori (CAT 1, CAT2, CAT 3, CAT4, CAT 5, CAT 5e, dan CAT 6).
  • Setiap kategori memiliki bandwidth yang berbeda. Akan dijelaskan di bawah.
  • Maksimal panjang kabel untuk penggunaan jaringan adalah 100 meter, jika butuh lebih harus menggunakan repeater agar transmisi paket data tetap lancar.
  • Metoda penyusunan yang lazim diketahui ada dua yaitu stragiht dan cross.
  • Konektor yang sering digunakan adalah RJ45.

Di atas kami sudah singgung kalau kabel UTP ini memiliki 9 kategori, dan keempat kategori tersebut memiliki bandwidth yang berbeda-beda. Untuk memahaminya, silakan perhatikan tabel berikut ini:

KategoriTipe KabelKecepatan transmisi dataMaksimum bandwidth
CAT 1UTP1 Mbps
CAT 2UTP4 Mbps
CAT 3UTP10 Mbps
CAT 4UTP16 Mbps
CAT 5UTP10/100 Mbps100 MHz
CAT 5eUTP1000 Mbps100 MHz
CAT 6UTP1000 Mbps250 MHz
CAT 6aUTP/STP1000 Mbps500 MHz
CAT 7UTP/STP10 Gbps600 MHz

Harga Kabel UTP

Kabel ini jika dipakai untuk penggunaan rumahan bisa dibeli per meter di toko komputer terdekat. Namun, kalian juga bisa membeli kabel UTP satu box dengan total 305 meter, sehingga harga bisa lebih murah daripada diketeng.

Harganya bervariasi tergantung merk dan juga kategori kabel yang digunakan. Menurut kami, untuk pengguna internet rumahan, menggunakan kabel UTP CAT 5e sudah sangat cukup. Terkecuali kalian ingin membuat jaringan di kantor atau kampus, kabel UTP CAT 6 lebih cocok.

Tips dari kami, belilah kabel UTP merk Belden karena sudah terbukti bagus dan banyak digunakan oleh praktisi jaringan di seluruh dunia, dan secara khusus di Indonesia.


Akhir Kata

Demikian. Itulah ulasan lebih lengkap mengenai kabel Unshielded Twisted Pair sebagai kabel yang sering dipakai dalam jaringan, secara khusus jaringan komputer rumahan atau kantor. Untuk jaringan lebih besar, terdapat kabel lain yang bisa digunakan. Sebagai contoh adalah kabel fiber optik yang menggunakan cahaya sebagai pengantar paket.

Akhir kata, jika ada hal yang ingin ditanyakan atau didiskusikan, silakan komentar saja di bawah. Jika kami tahu jawabannya pasti akan kami jawab.

Terima kasih.

Be First to Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *