Press "Enter" to skip to content

Aplikasi Edit Foto di PC: List Software GRATIS dan Berbayar

Aplikasi Edit Foto di PC – Apakah ada software edit foto di PC yang gratis? Aplikasi apa yang paling populer dan tercanggih saat ini? Apa nama software edit foto kekinian mirip selebgram Fiersa Besari? Bagaimana cara editnya? Temukan semua jawabannya di sini. Silakan gunakan daftar isi di bawah untuk langsung ke topik yang kalian tuju. Tks.


Kehadiran Instagram sebagai platform untuk berbagi foto, menjadikan aplikasi atau software editing foto kebutuhan yang tidak terhindarkan. Semua orang berlomba-lomba tampil lebih rupawan dan kekinian daripada kehidupan aslinya di balik kamera.

Ini adalah sebuah fenomena yang bisa disikapi secara positif maupun negatif. Positifnya, banyak orang jadi belajar cara edit foto yang sedang populer–atau dipopulerkan selebgram- dan kemudian merasa bahagia karena berhasil menyerupainya.

Negatifnya, banyak orang terjebak dengan kehidupan ‘palsu’ tersebut hingga rela kehilangan dirinya yang asli.

Well, terlepas dari fenomena yang sedang terjadi, Gawaiso di artikel ini akan mendaftar software-software editing foto di PC atau laptop yang bisa kalian gunakan untuk mempercantik dan memper-aesthetic foto kalian.

Kami akan kategorikan software-software di bawah menjadi dua; software edit foto PC gratis dan berbayar.

Software Edit Foto Gratis di PC

Kita mulai dengan list software edit foto PC gratis yang ada di belantara internet. Kebanyakan aplikasi ini tidak punya fitur advance seperti pada software berbayar. Tapi ada satu yang menurut kami punya fitur cukup lengkap dan canggih dibandingkan dengan software editing foto gratisan lainnya. Apa itu? Simak listnya di bawah.

1. Photoscape

Photoscape adalah aplikasi edit foto gratis di PC yang populer sejak awal tahun 2012-an sampai sekarang. Sudah banyak review positif tentang aplikasi ini. Kami pun menggunakan Photoscape untuk berbagai keperluan editing foto seperti membuat watermark, kompres foto, dll.

Aplikasi Photoscape dikembangkan oleh Mooii Tech dengan tujuan menghadirkan tool edit foto gratis, tetapi rasa berbayar. Artinya, fitur-fitur yang dimiliki aplikasi ini bisa diadu dengan aplikasi edit foto lainnya yang tidak gratis.

Untuk Windows 10, kalian bisa menginstall Photoscape X di Microsoft Store (klik di sini); sementara kalian yang masih menggunakan Windows 7, bisa menginstall Photoscape 3.7 atau versi terbaru jika ada (cek di sini). GRATIS. Ada sedikit perbedaan fitur antara Photoscape X dan versi 3.7, tapi sebagian besar masih sama.

Fitur utama Photoscape

  • Viewer: membuka foto dan membuat slideshow dari foto tersebut;
  • Editor: 1000+ filter dan efek, bingkai, brush, resize, crop, perspective crop, masking;
  • Cutout: menghapus background foto dengan magic eraser, lasso tool, dan brush tool;
  • Batch: mengedit banyak foto sekaligus;
  • Collage: menggabungkan dua foto atau lebih dalam satu bingkai;
  • Combine: menggabungkan dua foto atau lebih dalam satu foto;
  • GIF Creator: membuat animasi GIF dari foto;
  • Batch Rename: mengganti nama banyak foto sekaligus.

Sebetulnya masih banyak fitur-fiturnya. Kalau dituliskan semua rasanya bakal tidak cukup. He he. Intinya, Photoscape itu software edit foto gratis dan bisa didowload siapa saja.

2. Fotor

Software edit foto gratis di PC berikutnya ada Fotor yang dikembangkan oleh Everimaging Limited. Software ini tersedia di berbagai macam perangkat (iPhone, Android, Windows, dan Mac) dan tersedia juga versi onlinenya. Tapi karena di sini judulnya adalah software editing untuk PC, maka yang akan kami bahas adalah versi PC.

Untuk mendownload Fotor kalian bisa masuk ke website resminya di sini. Lantas apa saja fitur utama software ini? Apakah karena gratis fiturnya biasa-biasa saja?

Ini dia fitur utama Fotor:

  • Touch up: mengedit foto kalian menjadi lebih halus, bebas noise, dan menghighlight objek utama;
  • Editor: Fotor menyediakan ratusan efek, bingkai, dan kemampuan editing yang powerful;
  • Collage: menggabungkan beberapa foto dalam satu bingkai utama;
  • Batch Processing: mengedit beberapa foto sekaligus;
  • Focus: mempertajam objek yang kalian pilih dan memburamkan sekitarnya;
  • Image Format: Fotor support banyak format foto seperti TIFF, JPG, PNG, bahkan bisa mengkonversi foto RAW;
  • Sophisticated Photo Enhancement: meningkatkan kualitas foto dan menambahkan efek yang pas secara otomatis.

3. Photo Pos Pro

Meskipun ada kata ‘pro’-nya, aplikasi edit foto di PC ini bisa didownload secara gratis dari situs resminya di sini. Photo Pos Pro mengklaim dirinya sebagai aplikasi edit foto gratis terbaik di dunia, dengan total download melebihi 10 juta kali. Apakah fiturnya memang sememuaskan itu?

Saat artikel ini terbit, Photo Pos Pro sudah mencapai versi ke-3 yang mempunyai versi gratis dan premiumnya. Aplikasi ini memungkinkan kalian untuk meng-enhance foto sekaligus mengeditnya dengan ratusan bahkan ribuat tools yang tersedia.

Fitur unggulan dari Photo Pos Pro sebagai berikut:

  • Menghapus dan mengganti background foto;
  • Menghilangkan objek yang tidak diinginkan;
  • Memperbaiki foto yang jelek;
  • Bingkai dan Collage;
  • Efek foto tingkat lanjut;
  • Efek teks; dan
  • Mendukung format RAW.

Sebetulnya masih banyak fitur dari Photo Pos Pro, namun di laman resmi mereka, hanya diunggulkan fitur-fitur di atas. Tertarik mencoba sebelum menilai? Monggo.

4. Paint.NET

Kalau kalian menyangka software ini adalah Paint bawaan Windows, maka kalian salah besar. Paint dan Paint.NET merupakan dua software edit foto yang berbeda, meskipun secara sejarah ada kaitannya dengan Microsoft.

Paint.NET adalah software edit foto dan gambar yang bisa diinstall di Windows, dengan fitur yang cukup lengkap mengingat ini adalah software gratisan. Paint.NET mempunyai fitur layer, bisa melakukan undo tanpa batas, efek mutakhir, dan tentunya tool-tool editing yang powerful.

Pada awalnya software ini dimaksudkan untuk mengganti software Paint bawaan Windows, hanya saja dalam proses pengembangannya, software ini malah terus naik level menjadi software editing yang sangat lengkap bahkan disejajarkan dengan Photoshop, Corel, Paint Shop Pro, dan GIMP.

Kalian bisa download software Paint.NET di situs resminya di sini.

5. GIMP

GIMP (the GNU Image Manipulation Program) adalah aplikasi edit foto PC gratis terbaik saat ini. Kami Gawaiso berani menjamin hal tersebut. Kenapa? Karena GIMP mempunyai fitur dan tools yang hanya bisa kalian temui di aplikasi edit foto berbayar. Dan menariknya, karena GIMP merupakan open source, komunitas pengembangnya sangat aktif sehingga banyak fitur-fitur baru setiap bulannya.

Situs techradar.com bahkan mengatakan,

The photo editing toolkit is breathtaking, and features layers, masks, curves, and levels. You can eliminate flaws easily with the excellent clone stamp and healing tools, create custom brushes, apply perspective changes, and apply changes to isolated areas with smart selection tools.

Techradar.com

Artinya bisa coba kalian terjemahkan di Google Translate. Yang jelas, GIMP selalu disejajarkan dengan Adobe Photoshop bahkan disebut-sebut sebagai aplikasi pengganti untuk siapapun yang tidak mampu berlangganan Photoshop.

Aplikasi ini bisa diinstall di berbagai sistem operasi: Linux, Windows, dan Mac serta support lebih dari 40 format gambar. Menurut kami, jika kalian ingin serius belajar mengedit foto, mulai saja dari GIMP.

6. Canva [Online]

Canva adalah aplikasi edit foto online yang bisa membantu kalian untuk membuat ilustrasi dan mengedit foto kekinian. Selain tidak memakan banyak resource PC karena tidak perlu diinstall, Canva menyuguhkkan banyak sekali template gratis yang bisa dipakai untuk berbagai macam keperluan. Mulai dari thumbnail Youtube, feed Instagram, Collage, dll.

Canva memang tidak menyediakan tool tingkat lanjut seperti brush, clone, curve, pen tool, dll. Tapi di aplikasi tersebut kalian bisa menambahkan vignette, mempertajam foto, brightness, contrast, dll.

Nah, aplikasi inilah yang sering dipakai oleh olshop yang feednya kelihatan rapi. Ada banyak ilustrasi dan background menarik yang bisa kalian pakai secara gratis di samping foto produk kalian.

7. Pixlr X [Online]

Seperti Canva, Pixlr X adalah aplikasi edit foto online yang merupakan penerus dari Pixlr Editor (salah satu aplikasi edit foto online gratis terbaik bertahun-tahun lalu).

Pixlr X membuat beberapa peningkatan dari pendahulunya, salah satu yang paling mencolok adalah penggunaan HTML 5 daripada menggunakan flash. Hal ini membuat Pixlr X bisa diakses lebih cepat dan kompatibel dengan browser terbaru.

Pixlr X sebagai aplikasi edit foto online bisa membantu proses editing foto kalian dengan fitur penajaman gambar, vignette, bingkai, collage, dll. Selain itu Pixlr X bisa membuat layer sederhana yang memudahkan kalian dalam mengedit foto tumpang tindih antara objek utama, efek layer, overlay, dll.

Software Edit Foto Berbayar di PC

Jika ada software gratis, pasti ada software berbayar. Di list ini kalian akan menemukan berbagai macam software edit foto mutakhir, canggih, dan terbaik di kelasnya. Memiliki satu saja software di bawah, kalian tidak perlu lagi melirik ke software lainnya karena hampir semua yang akan kami tuliskan di bawah mempunyai fitur dan tool super lengkap dalam hal editing foto. Langsung saja.

1. Adobe Photoshop

Tidak ada yang tidak setuju kalau Photoshop dinobatkan sebagai aplikasi atau software edit foto PC terbaik di dunia saat ini dan tidak ada satupun yang bisa menandingi. Fitur dan tools-nya sangat lengkap, mutakhir, dan sangat powerful.

Terdengar lebay tapi memang seperti itu adanya. Professional photo editor pasti memakai Photoshop untuk membantu pekerjaan mereka.

Kemudian, salah satu hal yang membuat aplikasi ini cocok untuk berbagai kalangan, baik itu pemula ataupun pro, adalah banyaknya tutorial edit foto yang tersebar di internet memakai Photoshop. Jadi, kalian yang baru belajar mengedit foto bisa cepat mahir dengan mengikuti tutorial-tutorial tersebut.

Namun sayangnya Adobe Photoshop merupakan produk khusus langganan. Artinya kalian tidak bisa membeli aplikasi ini, melainkan berlangganan dalam jangka waktu tertentu.

2. Adobe Lightroom

Di tempat berikutnya masih diisi oleh produk dari Adobe, yaitu Lightroom, yang masih merupakan produk khusus langganan alias sewa.

Lightroom adalah salah satu software edit foto PC yang wajib dimiliki oleh fotografer profesional. Hal ini karena Lightroom mempunyai kemampuan untuk mengoreksi warna, lighting, dan ketajaman foto yang didasarkan pada kamera dan lensa.

Foto-foto aesthetic selebgram seperti Fiersa Besari atau yang diupload oleh akun-akun Instagram ‘nature’ seperti @folkgreen, @voyaged, dll. biasanya sudah melalui proses editing Lightroom.

Mereka yang berjualan stock photo di Shutterstock, misalnya, juga pasti memakai Lightroom sebagai finishing agar bisa di-approve.

3. PaintShop Pro

Selain Adobe, salah satu pengembang atau perusahaan yang selalu disebut-sebut dalam dunia editing foto adalah Corel. Salah satu produk mereka yang dinilai bisa menandingi kecanggihan Photoshop adalah PaintShop Pro.

Fitur dan tool dalam aplikasi ini sangat lengkap dan beragam. Selain itu, ada banyak efek dan filter menarik yang bisa membuat foto kalian lebih kekinian. Ada banyak tutorial di internet jika kalian ingin memulai belajar edit foto di PC menggunakan aplikasi ini.

Apa yang lebih penting dari semua fitur yang ditawarkan adalah, kalian hanya cukup membayar satu kali saja untuk memiliki PaintShop Pro. Tidak seperti Photoshop yang hanya bisa sewa.

4. DxO Photolab

Software edit foto di PC berikutnya ada DxO Photolab yang dikembangkan oleh DXO. Dibandingkan tiga software sebelumnya, DxO mungkin kalah populer. Tapi dari segi fitur dan kemampuannya mengedit foto, software ini juga bisa dibilang sangat andal.

DxO Photolab mungkin agak rumit digunakan, oleh karena itu butuh kesabaran untuk menguasai software yang satu ini. Tapi tenang saja, ada banyak tutorial yang bisa membantu kalian belajar tahap demi tahap sampai mahir.

5. CyberLink PhotoDirector 365

CyberLink PhotoDirector merupakan software edit foto yang dikembangkan oleh CyberLink, perusahaan media yang sudah malang melintang sejak dulu.

Salah satu kelebihan dari CyberLink PhotoDirector adalah interfacenya yang bersahabat dengan orang awam. Selain itu, software ini juga efektif untuk menghilangkan noise di foto dan menambahkan efek HDR.

CyberLink PhotoDirector tersedia dalam dua paket pembelian; bayar satu tapi tidak mendapatkan update atau berlangganan dan terus mendapatkan update.

Be First to Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *